3 Varian Resep Klepon Khas Jawa, Kelezatannya Melebur di Mulut

resep klepon mudah
Resep klepon 

3 Varian Resep Klepon Khas Jawa, Kelezatannya Melebur di Mulut - Klepon, makanan tradisional khas Jawa, terbuat dari tepung beras ketan yang diisi gula merah cair dan dibentuk menjadi bola-bola kecil. Terdapat tiga resep klepon yang bisa diaplikasikan di rumah.

Warna hijau yang melekat pada klepon berasal dari sari daun pandan atau pewarna makanan. Lebih dari sekadar jajanan tradisional, klepon mengandung makna tersirat menurut buku 'Belajar Dari Makanan Tradisional Jawa' karya Dawud Achroni. Klepon melambangkan kesederhanaan karena bahan-bahan yang digunakan mudah didapatkan dan berasal dari Indonesia. Selain itu, makanan ini bersifat ramah untuk berbagai kalangan.

Proses pembuatan klepon memerlukan sedikit keahlian. Adonan klepon yang telah siap, diisi dengan gula merah cair, lalu dibentuk bulat. Selanjutnya, klepon direbus dalam air mendidih. Setelah matang, klepon dilumuri kelapa parut sebelum disajikan.

Kini, klepon hadir dalam berbagai variasi. Tidak hanya menggunakan tepung beras, ada yang mengandalkan adonan tepung ubi atau singkong. Berikut adalah tiga resep klepon yang bisa dicoba di rumah.

1. Klepon Original

Klepon original recipe
Membuat klepon original

Bahan

  1. 200 gram tepung ketan
  2. 50 gram tepung beras
  3. Garam secukupnya
  4. Air secukupnya
  5. Gula merah secukupnya (chopper gula menjadi irisan tipis)
  6. 2 lembar daun pandan
  7. Pasta pandan
  8. Air untuk proses merebus

Cara membuat klepon original

  • Campurkan tepung ketan, tepung beras, dan garam secukupnya. Tambahkan air secara perlahan ke adonan kering, dan masukkan pasta pandan. Aduk hingga adonan menjadi kalis.
  • Ambil sebagian adonan yang telah kalis, pipihkan bagian tengahnya untuk menampung gula merah. Isi dengan irisan gula merah dan ulangi hingga adonan habis.
  • Rebus air dengan daun pandan hingga mendidih, lalu tambahkan bulatan klepon sedikit demi sedikit. Masak hingga klepon mengapung, matikan api, dan pindahkan klepon ke wadah kering.
  • Parut kelapa, tambahkan garam secukupnya, dan kukus kelapa. Setelah itu, masukkan klepon ke dalam parutan kelapa, gulung-gulungkan, dan klepon siap untuk disantap.

2. Klepon Ubi Jalar

Resep ubi jalar
Klepon ubi jalar recipe

Bahan

  1. 250 gram ubi jalar
  2. 50 gram tepung tapioka
  3. 60 gram gula merah
  4. 1 gram garam
  5. 2 lembar daun pandan
  6. 1 buah kelapa
  7. 1 sendok teh vanili
  8. Air secukupnya

Cara Membuat klepon ubi jalar

  • Kupas ubi jalar dan kukus bersama kelapa parut hingga matang. Haluskan ubi jalar menggunakan garpu atau alat penghalus lainnya.
  • Diamkan ubi jalar yang sudah dihaluskan hingga suhu ruangan. Campurkan dengan tepung tapioka, vanili, dan garam. Aduk rata, lalu uleni adonan hingga kalis.
  • Ambil sebagian adonan yang sudah kalis, pipihkan bagian tengahnya untuk menampung gula merah. Isi dengan irisan gula merah dan ulangi hingga adonan habis.
  • Rebus air dengan daun pandan hingga mendidih, kemudian tambahkan bulatan klepon ke dalam air mendidih sedikit demi sedikit. Masak klepon hingga mengapung, lalu matikan api.
  • Pindahkan klepon ke dalam wadah kering dan gulingkan di atas kelapa parut yang sudah dikukus. Klepon ubi siap untuk disajikan.

3. Klepon Singkong

Gambar Klepon Singkong
Cara membuat klepon Singkong Kenyal

Bahan

  1. 250 gram Singkong
  2. 100 gram tepung ketan
  3. 60 gram gula merah
  4. ½ sendok teh garam
  5. 2 lembar daun pandan
  6. 300 gram parutan kelapa tua
  7. ¼ vanili bubuk
  8. Air secukupnya

Cara Membuat klepon singkong

  • Parut singkong, pisahkan air dari seratnya, dan buang serat singkong. Campurkan singkong parut dengan tepung ketan, garam, vanili bubuk, dan air secukupnya. Aduk hingga bahan-bahan tercampur rata, lalu uleni adonan hingga kalis.
  • Ambil sebagian adonan yang telah kalis, pipihkan bagian tengahnya untuk menampung gula merah, dan isi dengan irisan gula merah. Ulangi proses ini hingga adonan habis.
  • Rebus air dengan daun pandan hingga mendidih, masukkan bulatan klepon ke dalam air mendidih sedikit demi sedikit. Masak klepon hingga mengapung, lalu matikan api.
  • Setelah semua klepon matang, angkat dari air dan pindahkan klepon ke dalam wadah kering. Gulingkan klepon di atas kelapa parut yang sudah dikukus, dan klepon singkong siap disajikan.

Sumber: Detik.com

Posting Komentar

0 Komentar